Jalan-jalan ke Orchard Road dan Marina Bay, Berikut Tempat Menarik yang Bisa Dikunjungi

Neighbourhood

Jalan-jalan-ke-Orchard-Road-dan-Marina-Bay,-Berikut-Tempat-Menarik-yang-Bisa-Dikunjungi
Orchard Road merupakan pusat perbelanjaan kelas satu di Singapura. Dok. visitsingapore.com

 

Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, Singapura memiliki sejumlah kawasan wisata menarik dengan potensi yang cukup besar.

Adapun salah satu destinasi yang menjadi idola bagi wisatawan adalah di kawasan Orchard Road.

Untuk diketahui, Orchard Road merupakan salah satu pusat perbelanjaan ternama di Singapura. Di sini, wisatawan dapat mencari berbagai barang dari brand ternama dunia.

Tak hanya berbelanja, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan menarik di kawasan tersebut lantaran terdapat berbagai bangunan dengan desain yang cukup unik.

Selain Orchard Road, tempatlain yang juga kerap disambangi oleh wisatawan saat berada di Singapura adalah Marina Bay. Destinasi ini merupakan kawasan terpadu yang menawarkan sejumlah hal, mulai dari hiburan, kebutuhan gaya hidup, seni, hingga fasilitas bisnis.

Landmark yang terletak di jantung  kawasan bisnis Singapura tersebut kerap menjadi lokasi favorit wisatawan karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti hotel mewah, gedung teater, pusat belanja, dan restoran.

Bagi yang ingin mampir ke kawasan Orchard Road dan Marina Baysaat bertandang ke Singapura, kamu dapat mengunjungi sejumlah tempat menarik yang ada di kedua kawasan tersebut.

Berikut adalah rekomendasi tempat seru yang ada di Orchard Road dan Marina Bay.

1. Design Orchard

Design Orchard adalah sebuah tempat kreatif yang mempertemukan desainer dengan buyer atau pencinta seni. Utamanya, untuk desainer pemula yang tengah berusaha untuk memamerkan hasil karyanya.

Bagi yang ingin mencari produk lokal asli Singapura untuk dijadikan cenderamata, berkunjung ke Design Orchard adalah pilihan tepat.

Sebab, pada tempat tersebut setidaknya terdapat sekitar 60 brand lokal yang kerap hadir untuk mengisi kegiatan pameran yang diadakan di tempat tersebut. Semua brand akan hadir secara bergantian dalam beberapa bulan sekali.

Adapun beberapa brand lokal yang kerap mengisi pameran pada Design Orchard adalah GINLEE, Eden+Elie, Pinksalt, dan Singapore Memories.

Untuk diketahui, Design Orchard merupakan hasil pengembangan sejumlah pihak, seperti Enterprise Singapore, JTC, dan Singapore Tourism Board (STB).

Bangunan Design Orchard. Dok. visitsingapore.com

Design Orchard sendiri dibagi ke dalam tiga ruangan, yakni ruang pameran di lantai pertama, serta ruang kreatif dan ruang acara di lantai atas

Bangunan Design Orchard sendiri cukup unik. Ini lantaran bangunan dari gedung tersebut dibuat berjenjang untuk menyesuaikan lokasinya yang berada di persimpangan Cairnhill-Orchard Road.

Selain itu, bangunan Design Orchard juga dilengkapi dengan taman dan ruang publik yang terletak pada bagian atap bangunan.

Untuk diketahui, bangunan Design Orchard dirancang oleh firma arsitektur lokal pemenang penghargaan WOHA Architects.

2. Imperial Treasure Fine Teochew Cuisine

Bagi kamu yang ingin berwisata kuliner, berkunjung dan mencicipi makanan yang ada di Imperial Treasure Fine Teochew Cuisine bisa jadi opsi  untuk dicoba. Restoran ini terletak di area ION Orchard.

Untuk diketahui, Imperial Treasure Fine Teochew Cuisine adalah restoran dengan bintang satu Michelin. Restoran ini menyajikan makanan tradisional dari wilayah teochew yang ada di China dan fokus pada makanan laut segar.

Suasa di Imperial Treasure Fine Teochew Cuisine. Dok. imperialtreasure.com

Setiap harinya, Imperial Treasure Fine Teochew Cuisine menyediakan sekitar 15 kepiting berukuran besar yang dikukus. Oleh karena itu, kamu harus datang lebih awal agar tak kehabisan makanan tersebut.

Selain itu, ada juga ikan kukus dingin ala teochew yang memiliki daging lembut dengan cita rasa manis asin. Makanan ini pun semakin lengkap berkat tambahan, seperti saus kacang Puning dengan cita rasa umami.

3. ION Orchard

ION Orchard adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Singapura. Mal ini terdiri dari delapan tingkat dan diisi oleh lebih dari 300 merchant, mulai dari ritel, food and beverage (F&B), hingga hiburan.

Adapun salah satu merchant yang ada pada ION Orchard adalah Bacha Coffee yang merupakan brand kedai kopi mewah bertaraf internasional.

Di tempat tersebut, kamu akan dimanjakan dengan aneka pilihan kopi yang terdiri dari 200 brew dari 33 negara.

ION Orchard. Dok. capitaland.com

Kamu juga bisa menikmati kudapan khas asal Timur Tengah, tepatnya Maroko, seperti chicken pastilla dan daging sapi atau kambing yang dicincang lembut dengan cara tradisional.

Bagi yang tertarik denganproduk kerajinan, kamu juga bisa mendatangi Bynd Artisan yang merupakan brandlokal yang fokus padaproduk kerajinan kulit dan kertas.

4. Apple Marina Bay Sands

Tempat ini adalah toko elektronik milik Apple yang menawarkan pengalaman belanja unik melalui konsep digital.

Mengutip dari laman apple.com, Senin (7/9/2022), Apple Marina Bay Sands merupakan Apple Store pertama di dunia dengan bentuk bangunan seperti bola yang mengambang di atas air. Bagian atas bangunan ini dilengkapi kubah dengan dinding yang terbuat dari kaca.

Bangunan dari Apple Marina Bay Sands. Dok. Apple.com

Keberadaan kubah itu berfungsi sebagai sumber penerangan bagi ruangan yang ada di dalam bangunan tersebut.

Adapun desain dari Apple Marina Bay Sands terinspirasi dari kuil Pantheon yang ada di Roma, Italia.

Saat berada di dalam, pengunjung dapat melihat keindahan Marina Baydari bagian kubah tersebut.

5. ArtsScience Museum

Seperti Apple Marina Bay Sands, ArtScience Museum juga terletak di Marina Bay.

Dilansir dari laman marinabaysands.com, ArtScience Museum adalah landmark budaya ikonis di Singapura. Museum tersebut merupakan museum pertama di Asia yang hadir untuk mengeksplorasi seni, sains, budaya, dan teknologi, kemudian memadukannya menjadi satu bagian.

Selain itu, ArtScience Museum juga kerap menyelenggarakan pameran karya seni dari sejumlah seniman besar dunia, seperti Leonardo da Vinci, Andy Warhol, dan Vincent Van Gogh.

Tak hanya itu, ada juga pameran Future World: Where Art Meets Science yang merupakan pameran reguler di museum tersebut. Pameran ini dibuat oleh kelompok kolektif seni interdisipliner terkenal, TeamLab.

Bangunan dari ArtScience Museum. Dok. hotels.com

Pada pameran tersebut, TeamLab membuat sebuah instalasi yang menggabungkan antara teknologi tampilan visi empat dimensi (4D) dan lantai LED interaktif.

Sebagai informasi, desain bangunan museum tersebut dirancang oleh arsitek terkenal asal Israel, Moshe Safdie.

Bangunan museum tersebut dirancang mirip jari manusia yang sedang menadah dan dilengkapi dengan bundaran di bagian tengahnya. Bagian jari tersebut terdiri dari sejumlah ruang galeri.

Adapun bundaran pada bagian tengah bangunan berfungsi untuk menampung air hujan dan mengalirkannya melalui oculus untuk menciptakan air terjun yang dialirkan melalui atrium museum.

6. Gardens by the Bay

Bagi pencinta alam dan dunia hortikultura, kamu dapat berkunjung ke Gardens by the Bay.

Fasilitas tersebut terdiri dari tiga area khusus dengan luas lebih dari 101 hektare (ha), yakni Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

Salah satu area yang wajib kamu kunjungi saat berada di sini adalah Flower Dome yang merupakan area konservasi dengan luas 1,28 ha.

Suasana di Flower Dome, Gardens by the Bay Singapura. KOMPAS.com/Nabilla Tashandra

Area tersebut berisi berbagai tumbuhan dan bunga dari lima benua. Adapun salah satu tumbuhan langka yang ada di sini adalah pepohonan zaitun berusia ribuan tahun.

Selain itu, ada juga area Floral Fantasy yang memiliki empat zona dan hadir dengan konsep fantasi.

Keempat zona yang ada di area tersebut terinspirasi dari kisah dongeng zaman dahulu dan dipenuhi dengan area hijau. Oleh karena itu, area ini dipenuhi dengan pahatan kayu nan dramatis dan karya seni dari berbagai flora.

Suasana di Avatar: The Experience di Gardens by The Bay. Dok. Gardens by The Bay

Bagi yang ingin merasakan petualangan seru layaknya film Avatar, kamu bisa merasakannya lewat wahana baru Avatar: The Experience yang terdapat pada Cloud Forest.

Pada wahana tersebut, kamu bisa mendapatkan beragam keseruan melalui berbagai pengalaman menarik yang disuguhkan, seperti menelusuri air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia, mendaki gunung rimbun yang dipenuhi tanaman dari seluruh dunia, dan melwati jalan setapak seperti diyang diselimuti kabut.

Selain itu, kamu juga akan merasa benar-benar hidup seperti di planet Pandora yang merupakan planet yang ada pada film Avatar.

Itu tadi beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di kawasan Orchard Road dan Marina Bay Sands Singapura.

Kamu bisa mengunjungi tempat tersebut sesuai kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan. Terpenting, pilih tempat yang menurut kamu seru agar pengalaman berlibur di Singapura jadi lebih menyenangkan dan berkesan.Tunggu apa lagi? Segera hidupkan rencana liburanmu ke Singapura sekarang juga. #VisitSingapore #SingapoReimagine

 

 

 

Kembali