Biar Kembali Bugar dan Segar, Jajal 4 Destinasi Wisata Urban Wellness di Singapura Berikut

Wellness

Biar-Kembali-Bugar-dan-Segar,-Jajal-4-Destinasi-Wisata-Urban-Wellness-di-Singapura-Berikut
Aktivitas wellness di Singapura (Dok. Shutterstock/N_Sakarin)

Apakah Anda sudah mulai jenuh dengan rutinitas sehari-hari, seperti bangun pagi, bekerja dari kantor atau rumah, dan kembali tidur di malam hari? Jika ya, mungkin sudah saatnya Anda berhenti sejenak dari rutinitas tersebut dan menyegarkan pikiran dengan travelling.

Beruntungnya, saat ini, beberapa negara sudah kembali membuka pintu bagi wisatawan dari Indonesia. Jadi, Anda bisa berjalan-jalan sedikit lebih jauh dari destinasi-destinasi di Tanah Air.

Salah satu negara yang dapat menjadi destinasi wisata adalah Singapura. Pasalnya, Singapura tidak hanya memiliki reputasi sebagai surga belanja dan wisata kuliner, tetapi juga menawarkan sejumlah pengalaman wisata unik untuk healing.

Wisata wellness yang dapat Anda lakukan di sana tidak sebatas jalan-jalan di alam terbuka, berkemah, atau tur dari satu spa ke spa lainnya. Anda dapat merasakan pengalaman berbeda dengan berwisata urban wellness di Negeri Singa.

Sebelum rasa jenuh semakin memuncak, ada baiknya Anda mulai menyusun rencana untuk wisata urban wellness di Singapura. Anda tidak perlu bingung memilih tempat tujuan wisata.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi destinasi wisata urban wellness di Singapura yang bisa Anda datangi.

1. Trapeze Rec Club

Program kebugaran di Trapeze Rec Club (Dok. Singapore Tourism Board)

Trapeze Rec Club (TRC) menyediakan aktivitas pemulihan kebugaran secara holistis. Club yang terdiri atas empat lantai ini tidak hanya memiliki program kebugaran yang dapat menyehatkan fisik, tetapi juga mental.

Anda bisa mengikuti kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan, seperti aktivitas gymnastic, berendam di kolam berisi air dingin (cold plunge pool), dan sauna. TRC juga memiliki sauna outdoor yang unik.

Sementara, untuk ketenangan batin, Anda bisa mencoba yoga atau refleksologi yang dapat mengendurkan ketegangan otot.

Sebagai informasi, TRC terletak di Chinatown Point, 27 Tanjong Pagar Road, Singapura. Club ini buka mulai pukul 07.00 hingga 20.00 waktu Singapura pada hari biasa dan mulai pukul 08.30 hingga 18.00 pada akhir pekan.

Bagi Anda yang membutuhkan kebugaran batin dan ingin melepas stres, TRC wajib dikunjungi.

2. Dusit Thani Laguna Singapore

Dusit Thani Laguna (Dok. Singapore Tourism Board).

Jika Anda mencari resor berkonsep wellness yang dekat dengan berbagai destinasi wisata di Singapura, Dusit Thani Laguna cocok untuk dikunjungi. Resor ini berlokasi di 11 Laguna Golf Green, Singapura. Anda cukup menempuh perjalanan 10 menit saja dari Bandara Internasional Changi untuk menuju resor. Resor ini juga dekat dengan berbagai mal dan pantai terbaik di Singapura.

Pengunjung dapat bersantai di layanan terbaru resor, Devarana Wellness Spa. Layanan ini mengunggulkan kebugaran jiwa pengunjung dengan menyediakan beragam lokakarya dan aktivitas sensorik terkait kebugaran.

Ada pula fitness centre DFit yang buka selama 24 jam, kolam renang outdoor, serta sesi yoga FloatFit HIIT dan FloatFit. Fasilitas olahraga, seperti tiga lapangan tenis dan dua lapangan golf, juga tersedia pada resor.

3. Haloterapi di Pablo Blau

Ruang haloterapi di Pablo Blau, Singapura (Dok. Robb Report Singapore)

Haloterapi atau yang dikenal juga dengan terapi garam merupakan salah satu bentuk perawatan kebugaran yang telah ada sejak abad pertengahan. Metode ini memanfaatkan sifat antiseptik dan antibakteri alami garam yang dapat menyembuhkan penyakit. Dahulu, metode ini dipakai untuk pengobatan orang yang menderita penyakit kulit dan pernapasan.

Saat terapi, Anda akan diajak masuk ke dalam ruangan yang bentuknya seperti gua dan terbuat dari garam. Di dalamnya, terdapat sejumlah fasilitas, termasuk ruang facial untuk merawat kulit wajah.

Terapi itu dilengkapi dengan sejumlah metode spa eksklusif yang hasilnya dapat terlihat hanya dalam 45 menit.

Jika ingin merasakan pengalaman haloterapi di Pablo Blau, datanglah ke Raffles City Shopping Centre, 252 North Bridge Road, #02-26A, Singapura. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 waktu Singapura.

4. Palm Ave Float Club

Palm Ave Float Club (Dok. Singapore Tourism Board)

Jika Anda mencari pengalaman urban wellness yang unik, Palm Ave Float Club patut masuk bucket list. Tempat ini akan membantu Anda menjelajahi dan menenangkan pikiran dengan tidak berbuat apa-apa.

Palm Ave Float Club berlokasi di 66 Kampong Bugis, #05-01, Singapura, dan buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

Sesuai namanya, Anda akan merasakan sensasi mengapung di dalam kolam air hangat futuristik sedalam 30 sentimeter (cm) yang mengandung lebih dari 600 kilogram (kg) garam epsom. Dengan begitu, tubuh menjadi mudah mengapung.

Metode tersebut telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stres dan mengurangi kerja otak. Pada lima menit pertama dan sepuluh menit terakhir, Anda akan mendengar musik bernada menenangkan dari dalam air.

Menurut orang-orang yang sudah pernah mencoba terapi itu, sensasi mengapung membuat diri merasa aman dan nyaman, seperti sedang dalam kepompong.

Selama berwisata di Singapura, Anda tentu membutuhkan tempat untuk beristirahat. Terdapat dua penginapan yang bisa dipilih. Keduanya juga memiliki sejumlah fasilitas relaksasi yang mendukung istirahat Anda.

Pertama, Swissotel The Stamford. Hotel ternama yang berlokasi di 2 Stamford Road, Singapura ini memiliki kamar khusus, yakni Swissotel Vitality Room. Kamar ini ditujukan bagi pengunjung yang ingin memelihara kebugaran mental dan fisik selagi bertamasya di Singapura.

Saat masuk kamar hotel, pengunjung sudah disuguhi dengan pemandangan Singapore’s Skyline yang menawan. Di dalamnya, terdapat ruangan luas dengan kamar mandi yang dilengkapi fitur relaksasi.

Salah satu fitur tersebut adalah circadian lighting yang didesain menyesuaikan mood dan gaya hidup pengunjung. Teknologi ini akan menyesuaikan pencahayaan dengan circadian rhythm tamu yang menginap di dalam kamar.

Kesesuaian pencahayaan dengan circadian rhythm dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran jiwa.

Ruangan hotel yang luas juga dilengkapi dengan wellness wall, yakni dinding yang dapat menunjang aktivitas kebugaran. Pada dinding ini tersedia cable pull, water pull, dan wall bars yang cocok untuk yoga. Ada pula tayangan digital interaktif yang memungkinkan pengunjung melakukan sejumlah rutinitas olahraga yang disajikan dengan pembimbing.

Untuk menambah kebugaran, Swissotel Vitality Room juga menyediakan bar mini berisi jus dan camilan bernutrisi.

Swissotel Vitality Room (Dok. Swissotel The Stamford).

Kedua, Oasia Resort Sentosa. Resor ini berada di 23 Beach View, Palawan Ridge Sentosa Island, Singapura. . Sebagai resor dengan layanan spa pertama dan berfokus pada kebugaran, Oasia Resort Sentosa menyediakan berbagai layanan spa bagi pengunjung dan tamu.

Resor yang berlokasi di ini berfokus pada kebugaran bagi para pengunjung dengan menawarkan perawatan spa.

Tak hanya itu, selama menginap di resor tersebut, Anda akan secara tidak langsung diajak mengadopsi wellness lifestyle, seperti mengonsumsi makanan sehat, mengikuti rutinitas olahraga, dan mengolah pikiran untuk mengelola stres. Anda juga akan diajak terkoneksi dengan alam untuk mendapat ketenangan jiwa.

Oasia Resort Sentosa (Dok. Oasia Resort Sentosa).

Anda pun akan menerima jurnal untuk mencatat progres healing, perawatan diri, dan sejumlah checklist terkait kebugaran. Anda juga dapat mengakses meditasi dengan panduan audio selama menginap di resor.

Itulah empat destinasi wisata urban wellness serta rekomendasi penginapan yang bisa Anda kunjungi di Singapura. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan mental Anda. Ingat, saat pikiran mulai penat, Anda boleh beristirahat. Jaga terus kebugaran jiwa dan raga, ya.

Yuk, rencanakan liburan impianmu ke Singapura sekarang!

Kembali