Dijamin Seru, Ini 5 Tur Unik yang Bisa Dilakukan Saat Melancong ke Singapura

Excitement

Dijamin-Seru,-Ini-5-Tur-Unik-yang-Bisa-Dilakukan-Saat-Melancong-ke-Singapura
Wisatawan sedang menikmati tur Let’s Go Bike Singapore. (DOK. letsgobikesingapore.com).

Singapura menawarkan paket wisata lengkap untuk wisatawan mancanegara. Meski wilayahnya tak besar, Negeri Singa punya ragam aktivitas mulai dari wisata belanja, mencicipi ragam kuliner lezat, menjelajahi ruang terbuka hijau kota, menikmati fasilitas dan layanan kesehatan terbaik, hingga mempelajari budaya dan sejarah di kota lama.

Namun, Singapura ternyata juga menawarkan sejumlah paket wisata nan unik. Pasalnya, terdapat sejumlah operator tur di Singapura yang menyelenggarakan tur unik guna memberikan pengalaman wisata yang berbeda  untuk wisatawan.

Tur tersebut dikemas dalam beragam konsep, mulai dari bersepeda menyusuri berbagai spot menarik, permainan memecahkan misteri pembunuhan, memancing ikan di atas kayak di laut Singapura, hingga menyusuri sudut-sudut kota dengan legenda urban yang membuat wisatawan bergidik.

Supaya lebih jelas, berikut ulasan tur unik yang bisa kamu coba selama mengunjungi Singapura.

1. Let’s Go Bike Singapore

Ingin mengunjungi berbagai spot menarik di Singapura dengan bersepeda? Anda bisa mengikuti tur Let’s Go Bike Singapore. Tur ini akan memandu wisatawan melewati berbagai spot yang tidak bisa dijangkau oleh bus wisata, seperti kedai kopi lokal dan pusat jajanan, melihat bangunan tua bersejarah dan modern, museum, serta ruang terbuka hijau di jantung kota Singapura.

Let’s Go Bike Singapore menyediakan berbagai paket tur, seperti Historical Singapore Tour, Bike & Bites Food Tour, Marina Bay Night Tour, serta Private Tour atau Big Group Bookings.

Historical Singapore Tour menawarkan perjalanan bersepeda melewati rute untuk melihat berbagai bangunan bersejarah di Singapura.

Selanjutnya, Bike & Bites Food Tour mengajak wisatawan untuk menjelajahi tiga kawasan etnik di Singapura sekaligus mencicipi kulinernya.

Marina Bay Night Tour akan mengajak wisatawan menikmati pesona keindahan lampu kota pada malam hari di Singapura.

Sementara itu, Private Tour atau Big Group Bookings menyediakan pilihan paket tur pribadi maupun grub besar untuk wisatawan.

Untuk informasi mengenai Let’s Go Bike Singapore, Anda bisa klik tautan ini.

2. The Melting Pot of Tea

Bila menyukai tur wisata yang mempelajari sejarah dan khazanah kuliner masyarakat setempat, Anda tak boleh melewatkan tur The Melting Pot of Tea. Tur ini akan membawa Anda mempelajari keragaman budaya di Singapura melalui suguhan secangkir teh.

Seperti diketahui, Singapura ibarat kuali peleburan atau melting pot. Jadi, berbagai ras, tradisi, kepercayaan, dan identitas budaya bercampur satu sama lain di negara ini. Berbagai peleburan anasir tersebut menghasilkan ragam olahan teh di Singapura, mulai dari teh tradisional ala Tiongkok, teh tarik yang dibawa oleh imigran muslim dari India, hingga teh yang dikemas dan disajikan dengan gaya modern.

Peserta tur The Melting Pot of Tea. (DOK. Klook.com).

Selama mengikuti tur The Melting Pot of Tea, wisatawan akan diajak menyesap rasa teh berkualitas di empat wilayah yang berbeda-beda. Wisatawan akan menyaksikan pembuatan teh dari daun hingga dapat dinikmati pada cangkir, termasuk pengalaman membuat teh tradisional dan modern.

Tur The Melting Pot of Tea berlangsung selama empat jam. Wisatawan akan mendapatkan suvenir khusus setelah workshop serta mendapatkan diskon pembelian teh. Tur ini bisa Anda ikuti dengan biaya 85 dollar Singapura.

3. Chinatown Murders-Outdoor Escape Room Game Tour

Tur selanjutnya yang tak boleh wisatawan lewatkan adalah Chinatown Murders. Tur ini cocok bagi pencinta teka-teki atau penggemar atraksi escape room. Pasalnya, tur yang mendapatkan penghargaan Outstanding Tour Experience pada Singapore Tourism Awards 2021 ini akan menantang kemampuan wisatawan untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah.

Wisatawan sedang mengikuti tur Chinatown Murders-Outdoor Escape Room Game Tour. (DOK. tih.stb.gov.sg).

Untuk diketahui, escape room merupakan aktivitas memecahkan misteri dan teka-teki di dalam ruangan yang melibatkan beberapa peserta. Peserta harus bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tersebut dalam jangka waktu tertentu agar bisa keluar ruangan.

Meski demikian, Chinatown Murders berbeda dengan escape room pada umumnya. Sebab, pada tur ini peserta akan diajak memecahkan kasus pembunuhan berantai di wilayah Chinatown.

Satu tim dari tur ini terdiri atas dua hingga lima orang. Wisatawan akan ditemani pemandu yang bertugas memberi petunjuk mengenai kasus tersebut.

Tak hanya memecahkan misteri pembunuhan, wisatawan juga dapat mempelajari sejarah Chinatown di Singapura sembari mengikuti tur ini. Tur ini berlangsung selama dua jam. Wisatawan perlu menyiapkan uang mulai dari 36 dollar hingga 50 dollar Singapura untuk mengikuti tur ini.

Untuk informasi mengenai Chinatown Murders-Outdoor Escape Room Game Tour, Anda bisa klik tautan ini.

4. Spooky Singapore: Fort Canning

Spooky Singapore: Fort Canning menawarkan paket wisata mistis dengan menelusuri Fort Canning atau yang dikenal sebagai Bukit Larangan atau Bukit Terlarang oleh orang Melayu.

Melalui tur itu, wisatawan akan menjelajahi riwayat dan transformasi Fort Canning, mulai dari kota kuno, permukiman pada masa awal kolonial, hingga menjadi pangkalan militer selama Perang Dunia II. Meski begitu, transformasi itu tidak membuat hantu-hantu Singapura yang mendiami kawasan tersebut terlupakan begitu saja.

Fort Canning. (DOK. tih.stb.gov.sg).

Wisatawan akan mengunjungi beberapa spot yang memiliki riwayat dan sejarah panjang di kawasan Fort Canning. Sebut saja pemakaman Kristen tertua, kuil kuno tempat raja terakhir Singapura, Iskandar Syah, dimakamkan, serta kediaman Sir Thomas Stamford Raffles.

Selama mengunjungi kawasan tersebut, ahli spiritual Dani dan ahli warisan budaya Shanti akan mendampingi wisatawan sebagai pemandu.

Setelah menjelajahi spot tersebut dan hari mulai gelap, Dani akan mengajak wisatawan berinteraksi dengan roh dari dunia lain melalui proses mediasi.  

Spooky Singapore: Fort Canning berlangsung selama tiga jam. Untuk mengikuti tur ini, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar 100 dollar Singapura.

Untuk informasi mengenai Spooky Singapore: Fort Canning, Anda bisa klik tautan ini.

5. Kayak Fishing in Singapore

Kayak Fishing in Singapore merupakan pilihan tur yang tepat bagi wisatawan yang suka memancing. Seperti namanya, wisatawan akan diajak memancing di laut menggunakan kayak.

Selama mengikuti tur, wisatawan akan diberi pengetahuan dasar memancing di atas kayak. Selanjutnya, wisatawan bisa mengayuh kayak ke tempat memancing yang indah di sekitar laut Singapura. Laut ini adalah rumah bagi berbagai ikan tropis, seperti kakap dan kerapu.

Wisatawan sedang mengikuti tur Fishing in Singapore. (DOK. Fever.sg).

Untuk diketahui, Kayak Fishing in Singapore menyediakan tiga kategori tur, yakni The Playground untuk pemula, Big Boat Small Boat untuk level pemula dan menengah, serta Sandy Shores yang memiliki kesulitan tertinggi untuk level pemula dan menengah.

Tur tersebut berlangsung selama empat jam. Untuk informasi mengenai Kayak Fishing in Singapore Anda bisa klik tautan ini.

Itulah lima tur unik yang bisa Anda coba selama mengunjungi Singapura. Dengan mengikuti tur tersebut, wisatawan dijamin akan mendapatkan pengalaman jalan-jalan di Singapura dengan cara yang tidak biasa.

Jadi, tunggu apa lagi, hidupkan kembali impianmu ke Singapura. Rencanakan liburanmu sekarang!

Kembali