Jajal 6 Restoran Michelin di Singapura, Ada yang Harganya di Bawah 5 Dollar

Food and Dining

Jajal-6-Restoran-Michelin-di-Singapura,-Ada-yang-Harganya-di-Bawah-5-Dollar
Menu hidangan di restoran Mustard Seed. (Instagram/@mustardseed_sg)

KOMPAS.com – Selain dikenal dengan keindahan suasana kota dan atraksi wisatanya, Singapura juga memiliki segudang destinasi wisata kuliner yang patut dijajal.

Pasalnya, beragam budaya, mulai dari Melayu, India, Arab, Eurasia, hingga Tionghoa, saling berkelindan di negeri tersebut. Oleh karena itu, kuliner-kuliner yang unik dan autentik dapat ditemukan.

Uniknya, setiap restoran, baik yang setingkat kaki lima hingga restoran bintang lima menawarkan cita rasa dan kualitas yang tidak main-main.

Tak heran, hingga kini, tercatat sekitar 52 restoran di Singapura telah masuk daftar Michelin Guide dan mendapatkan penghargaan bintang Michelin atau Michelin Star.

Sebagai informasi, Michelin Guide ataupun Michelin Star merupakan penghargaan tertinggi dalam dunia kuliner yang dibuat oleh jenama ban asal Prancis, Michelin.

Adapun penilaian Michelin Guide dilakukan oleh koki-koki ternama dunia dengan mempertimbangkan kualitas bahan dan rasa, teknik masak, kepribadian koki, dan konsistensi makanan dari tahun ke tahun.

Mendapatkan penghargaan dari Michelin Guide merupakan hal yang prestisius bagi para pelaku bisnis kuliner. Akan tetapi, uniknya, hal tersebut tak lantas membuat harga makanan yang dihidangkan langsung melambung tinggi.

Berikut enam restoran yang masuk dalam kategori Michelin Guide Singapore Bib Gourmand Selection. Seluruh restoran pada kategori ini diakui mampu menyajikan masakan dengan cita rasa lezat dan sepadan dengan harganya, yakni 45 dollar Singapura untuk tiga macam hidangan.

1. Hawker Chan

Menu hidangan di restoran Hawker Chan. (Dok. SingMenu)

Restoran yang satu ini pernah menggemparkan jagat kuliner. Pasalnya, Hawker Chan merupakan restoran kaki lima pertama di dunia yang menerima penghargaan bintang Michelin pada 2016 berkat kelezatan saus soya spesialnya.

Sebagai informasi, seluruh hidangan di Hawker Chan, mulai dari nasi, mi, hingga hor fun memakai saus soya spesial. Cita rasa kondimen ini pun terus dijaga hingga restoran tersebut sukses mempertahankan bintang Michelin selama empat tahun berturut-turut.

Meski menu yang ditawarkan lezat, Hawker Chan tetap membanderolnya dengan harga cukup murah, yakni mulai 7 dollar hingga 9 dollar Singapura.

Hawker Chan telah memiliki banyak cabang di Singapura. Namun, jika ingin mengunjungi gerai utama yang mendapatkan bintang Michelin, Anda bisa datangi wilayah kuliner China Town di 78 Smith St, Singapura 058972. Restoran ini buka pukul 10.30 hingga 15.30 waktu setempat dan tutup di hari Minggu.

2. Chuan Kee Boneless Braised Duck

Chuan Kee Boneless Braised Duck. (Dok. Misstamchiak.com/Howard Hong)

Chuan Kee Boneless Braised Duck merupakan salah satu restoran kaki lima yang masuk ke dalam daftar Michelin Guide.

Sesuai namanya, restoran tersebut menyuguhkan hidangan bebek rebus lezat sebagai lauk utama. Untuk melengkapinya, pengunjung bisa memilih nasi, mi, atau bubur.

Harga setiap menu makanan pun murah. Pelanggan cukup mengeluarkan 3 dollar hingga 5 dollar Singapura untuk menikmati menu yang disajikan di restoran ini.

Penasaran dengan kelezatan bebek rebus Chuan Kee Boneless Braised Duck? Silakan datangi restoran yang berlokasi di 20 Ghim Moh Rd, #01-04, Singapura 270020. Restoran ini buka mulai pukul 09.30 hingga 20.00 waktu setempat dan tutup di hari Minggu.

3. Depot Road Zhen Shan Mei Claypot Laksa

Depot Road Zhen Shan Mei Claypot Laksa (Dok. Michelin Guide)

Bertandang ke Singapura kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan khas Melayu setempat, yakni laksa. Adapun hidangan laksa di negeri Singa yang masuk dalam daftar Michelin Guide adalah Depot Road Zhen Shan Mei Claypot Laksa.

Laksa Depot Road Zhen Shan Mei Claypot memiliki cita rasa gurih. Sebab, kuahnya saja terbuat dari santan segar, pasta udang, dan rempah-rempah. Sajian ini semakin kaya rasa ketika ditambah mi dan topping. Pengunjung akan jatuh cinta pada cicipan pertama.

Sebagai informasi, laksa di restoran itu tersedia dalam pilihan ukuran, yakni kecil, sedang, dan besar. Hidangan lezat tersebut bisa disantap pengunjung dengan membayar mulai dari 4 dollar hingga 6,5 dollar Singapura.

Depot Road Zhen Shan Mei Claypot Laksa berlokasi di 120 Bukit Merah Lane 1, #01-75 Alexandra Village Food Centre, Singapura 151120. Restoran ini buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00 waktu Singapura dan tutup setiap hari Minggu.

4. Mustard Seed

Menu hidangan di restoran Mustard Seed. (Instagram/@mustardseed_sg)

Mustard Seed adalah restoran khas Singapura yang didirikan pada 2019 oleh koki bernama Ming Kiat. Sebelum mendirikan Mustard Seed, ia merupakan koki di restoran Candlenut yang juga telah mendapat Michelin. Kemudian, ia berpindah ke Goto, restoran kaiseki Jepang pertama di Singapura

Berbekal pengalaman tersebut, Ming Kiat memutuskan untuk mendirikan restoran yang menghidangkan menu khas Singapura dengan teknik masak ala Jepang. Interpretasi rasa yang dituangkan Ming Kiat pada menu makanan memberikan cita rasa unik yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Selain cita rasa hidangan, hal unik lain dari Mustard Seed terletak dari cara penyajian hidangannya. Restoran ini mengusung konsep omakase yang berubah setiap dua bulan. Seluruh keunikan tersebut membawa Mustard Seed masuk ke daftar Michelin Guide.

Untuk dapat merasakan pengalaman menyantap hidangan di Mustard Seed, pengunjung harus melakukan reservasi di situs web www.mustardseed.sg. Kisaran harga per menu yang disajikan adalah 50 dollar Singapura.

Restoran tersebut berlokasi di 75 Brighton Cres, Singapura 559216 dan buka setiap Rabu hingga Sabtu, pukul 19.00 hingga 22.30 waktu setempat. Khusus hari Sabtu, restoran juga beroperasi pada jam makan siang, yakni mulai pukul 12.30 hingga 14.00 waktu setempat.

5. Restaurant Euphoria

Menu Bomba Rice di Restaurant Euphoria. (Dok. Instagram/@restauranteuphoria)

Restoran yang satu ini menyajikan tema hidangan unik yang patut dicoba. Bagaimana tidak, di sebuah negara dalam wilayah Asia Tenggara, berdiri restoran fine dining khas Prancis bertema gastro-botanica yang mendapat penghargaan Michelin.

Restaurant Euphoria didirikan oleh koki bernama Jason Tan yang terkenal karena menjadikan bawang bombai sebagai tema utama hidangan. Makanan yang disajikan pun menggunakan unsur botani, seperti umbi-umbian, rempah-rempah, dan buah-buahan.

Selain dapat merasakan keunikan hidangan, pengunjung juga disuguhkan interior restoran yang ciamik bertema Bumi. Konon, desain tersebut terinspirasi oleh sayuran sederhana yang merupakan pokok hidangan pada restoran.

Untuk dapat mencicipi hidangan di Restaurant Euphoria, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu lewat situs web resmi restoran restaurant-euphoria.com. Biaya yang dikeluarkan sebesar 218 dollar Singapura untuk enam menu dan 258 dollar Singapura untuk delapan menu.

Pengunjung bisa mengunjungi restoran tersebut di Restaurant Euphoria, 76 Tras Street, Singapura 790151. Restoran ini hanya melayani makan siang pada pukul 12.30 hingga 14.00 dan makan malam mulai pukul 18.00 hingga 23.00 waktu Singapura.

6. Bismillah Biryani

Menu dum oleh Bismillah Biryani. (Dok. Instagram/@bismillahbiryanisg)

Bagi wisatawan muslim yang ingin mencicipi makanan halal khas Asia Selatan yang masuk ke daftar Michelin Guide, restoran satu ini patut disambangi. Pasalnya, Bismillah Biryani merupakan restoran turun-temurun yang memiliki resep masakan autentik Pakistan-India.

Selain menjual biryani, Bismillah Biryani juga menghadirkan makanan khas autentik lain, seperti kebab, pulao, kare, dan paneer. Restoran ini juga menghadirkan menu khusus vegetarian yang gurih dan lezat.

Harga menu yang dihidangkan pun cukup terjangkau. Pengunjung cukup merogoh kocek sebanyak 1 dollar hingga 20 dollar Singapura, tergantung menu hidangan yang dipesan.

Restoran tersebut beroperasi di sejumlah titik, salah satunya di 50 Dunlop Street, 209379, 76 Shenton Way #01-03, 079119, Singapura. Pengunjung bisa mendatangi restoran setiap hari mulai pukul 11.30 hingga 19.00 waktu setempat.

Itulah enam destinasi wisata kuliner di Singapura yang sudah tercatat di Michelin Guide. Keunikan dan kelezatan hidangan dari setiap restoran tak perlu diragukan lagi.

Yuk, hidupkan impianmu ke Singapura dan jangan lupa jajal kuliner Michelin di negeri Singa #VisitSingapore #SingapoReimagine.

Kembali