Rekomendasi Berlibur yang Nyaman Bersama Si Kecil di Singapura

Family

Rekomendasi-Berlibur-yang-Nyaman-Bersama-Si-Kecil-di-Singapura
Patung Merlion di Taman Merlion, Marina Bay. (KOMPAS.com/ERICSSEN)

KOMPAS.com – Berlibur ke Singapura bersama si kecil dapat menjadi pengalaman yang berkesan. Meski begitu, keputusan ini berbeda dengan saat bepergian sendiri atau bersama pasangan. Perjalanan menjelajahi Negeri Singa dengan anak membutuhkan persiapan ekstra.

Anda harus mempersiapkan beragam hal, terutama mengenai rencana perjalanan yang berkaitan dengan pemilihan destinasi, akomodasi, transportasi, hingga tempat makan, agar si kecil dapat merasa nyaman.

Ingat, memastikan anak merasa nyaman merupakan hal penting agar momen liburan jadi menyenangkan dan tak terganggu si kecil yang rewel

Tak perlu khawatir, Negeri Singa memiliki banyak pilihan destinasi dan fasilitas yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, termasuk bagi yang ingin liburan mengajak anak. Sebelum membuat rencana perjalanan, simak tips berikut.

1. Pilih tempat menginap yang nyaman

Family Room di Village Hotel Sentosa By Far East. (Dok. Village Hotel Sentosa By Far East)

Saat bepergian tanpa si kecil, pertimbangan memilih tempat menginap hanya disesuaikan dengan bujet dan kenyamanan saat beristirahat saja. Berbeda saat membawa anak, Anda membutuhkan tempat menginap yang ramah dengan kebutuhan si kecil.

Sebagai rekomendasi, hotel berikut bisa menjadi pilihan Anda. Pertama, Hotel St Regis. Penginapan ini menyediakan Family Room, yakni tipe kamar dengan kasur besar yang cukup untuk dua orang dewasa dan satu anak.

Hotel tersebut pun menyediakan peralatan mandi ramah anak dengan sampo berbusa yang seru untuk dimainkan saat ritual mandi.

Di St Regis, juga tersedia kolam renang dengan lantai air mancur di pinggirnya. Anak-anak bisa bermain air di sini, sementara orangtua bisa bersantai sembari mengawasi mereka.

Lokasi Hotel St Regis yang terletak di Orchard Road juga memudahkan orangtua untuk berjalan-jalan bersama anak. Untuk mencapai hotel ini, Anda bisa menaiki bus dan turun di stasiun Wheelock Place Passenger Pick-Up Point. Mengingat Orchard Road berada di tengah Singapura, menjangkau beragam destinasi wisata juga lebih mudah.

Deluxe Family Room yang disediakan oleh RWS Festive Hotel. (Dok. RWS Festive Hotel)

Kedua, Resort World Sentosa (RWS) Festive Hotel. Hotel berdesain warna-warni ini memiliki Deluxe Family Room dengan ranjang susun di dalamnya. Pada restorannya, RWS Festive Hotel menyediakan menu khusus anak. Hotel ini pun memiliki kolam renang khusus anak dan area bermain dengan wahana air.

Dari segi lokasi, hotel tersebut sangat strategis dan dekat dengan wahana bermain. Salah satunya, Universal Studio yang berjarak 10 menit dengan berjalan kaki dari hotel. Jika ingin berwisata kuliner bersama anak, Anda bisa berjalan ke sekitar hotel untuk menemukan penjual food street.

Ketiga, Hotel Shangri-La Resort Sentosa. Dari segi ruangan, hotel ini sama seperti hotel-hotel lainnya. Namun, fasilitas bermain untuk anak yang ditawarkan oleh hotel ini beragam dan mengasyikkan.

Hotel Shangri-La Resort Sentosa memiliki ruang aktivitas anak, area bermain, dan tiga jenis kolam renang, yakni bayi dan balita, anak-anak, serta orang dewasa. Kemudian, ada pula rumah pohon yang aman untuk dinaiki anak-anak.

Keempat, Hotel Park Royal Collections by Marina Bay. Hotel yang satu ini menyediakan kamar khusus keluarga, yakni Family Room, yang cukup untuk empat orang dengan satu king-sized bed dan dua twin bed. Setiap ruangan khusus keluarga merupakan dua ruangan terhubung (connecting room) yang masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi.

Dari segi fasilitas, hotel tersebut memiliki garden-in-a-hotel yang menyediakan tenda khusus anak, arena bermain, dan akses ke kebun rooftop Urban Farm. Tersedia pula kolam renang yang tak kalah asyik untuk dijadikan tempat anak bermain.

Kelima, Village Hotel Sentosa by Far East. Hotel ini juga memiliki ruangan khusus keluarga yang saling terhubung. Dari segi fasilitas, hotel ini memiliki empat kolam renang yang indah dengan pemandangan mengarah ke laut.

Adapun empat jenis kolam renang tersebut meliputi Pamukkale Pool, yakni kolam renang dengan nuansa khas Turki, serta Kids Pool, yang adalah kolam renang khusus anak. Ada pula Adventure Pool, yakni kolam renang berdesain bak pulau dengan bebatuan untuk berjemur dan bersantai. Kemudian, Lazy River Pool, yaitu kolam renang seperti sungai yang memungkinkan Anda untuk mengapung mengikuti arus kolam.

2. Ajak anak ke destinasi wisata menarik

Pororo park. (Dok. HoneyKids Asia/Esther Chung)

Saat mengajak si kecil berkelana di Singapura, Anda harus menyempatkan diri mengunjungi destinasi wisata yang mengasyikkan bagi mereka. Inilah pilihan destinasinya.

Pertama, Pororo Park. Sesuai namanya, tempat wisata ini menyediakan berbagai atraksi bersama tokoh kartun kegemaran si kecil, yakni Pororo dan Tayo. Dengan konsep indoor playground, tempat ini cocok untuk didatangi oleh anak berusia 1 hingga 6 tahun.

Kedua, Hydrodash. Berbeda dengan destinasi wisata air lain, destinasi yang terletak di Pantai Palawan ini berkonsep floating water park. Jadi, seluruh wahana di tempat wisata ini bak pelampung yang mengambang. Perlu diingat, wahana ini hanya untuk anak berumur 5 tahun ke atas.

Untuk menuju ke taman air itu, Anda bisa menaiki Sentosa Express dan turun di Beach Station. Lalu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki beach shuttle dan berhenti di Palawan Beach.

Wahana Canopy Mazes di Jewel Changi Canopy Park. (Dok. Changi Airport)

Ketiga, Jewel Changi Canopy Park yang berlokasi di Changi International Airport. Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang ingin mengenalkan fasilitas bandara. Anda bisa mengajak si kecil menikmati perosotan Discovery Slides, bermain kabut di Foggy Bowls, melihat berbagai jenis bunga di Petal Garden, dan berimajinasi di Topiary Walk.

Ada pula Hedge Maze dan Mirror Maze, yaitu permainan menantang yang melatih daya pikir anak. Lalu, Bouncing Net dan Walking Net, yang merupakan wahana jaring-jaring. Tutup perjalanan Anda di bandara dengan menikmati Mastercard Canopy Bridge untuk menyaksikan air terjun buatan.

Keempat, Museum of Ice Cream. Tempat wisata bertema es krim ini menyajikan banyak area bermain yang mengasyikkan untuk anak, seperti ayunan, permainan bola, dan aktivitas menggambar.

Masuk ke dalam wahana tersebut, Anda akan dikenakan tiket masuk sekaligus menikmati empat jenis eskrim.

Untuk menjangkaunya, Anda bisa menaiki bus kota dengan nomor 7, 75, 77, 105, 106, 123, atau 174, ke CSC Dempsey Clubhouse. Dari halte bus tersebut, Anda bisa menempuh 10 menit berjalan kaki untuk sampai ke museum.

Kelima, SkyHelix Sentosa. Di tempat ini, Anda bisa menikmati panorama dari ketinggian 79 meter di atas permukaan laut. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda bisa menaiki Sentosa Express atau bus intra-island Sentosa dan berhenti di Imbiah.

Anda juga bisa menaiki bus kota dengan nomor seri 123 dan berhenti di Village Hotel. Lalu, tempat ini juga bisa dicapai dengan menggunakan cable car dari Harbour Front Tower 2 atau Stasiun Mount Faber Station dan turun di Imbiah Sentosa Cable Car Station.

Keenam, River Wonders. Tempat wisata ini memberikan pengalaman baru dalam mengunjungi kebun binatang. Pasalnya, Anda dan si kecil dapat menyaksikan berbagai jenis hewan dengan berlayar menggunakan perahu.

River Wonders berlokasi di kompleks Kebun Binatang Singapura. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menaiki MRT dan turun di Stasiun Khatib. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan Mandai Shuttle untuk sampai ke lokasi.

Ketujuh, Lemuel Chocolate. Berbeda dengan sebelumnya, tempat wisata satu ini bersifat edukatif. Di tempat ini, anak-anak bisa mendapatkan lokakarya cara membuat cokelat. Mereka pun bisa menghias cokelat buatannya sendiri.

Untuk mengunjungi Lemuel Chocolate, Anda bisa menaiki bus kota dan turun di halte Park Avenue Rochester, The Star Vista, atau Ntn Buona Vista Rd - Aft Anglo Chinese Jc. Ketiga halte ini dapat ditempuh selama 3 menit hanya dengan berjalan kaki dari Lemuel Chocolate.

Kedelapan, LEGO Certified Store. Di tempat ini, Anda bisa menemukan mainan LEGO untuk anak yang belum ada di Indonesia. Jadi, manfaatkanlah tempat ini untuk mengajak anak memilih oleh-oleh bagi dirinya sendiri sebelum pulang ke Tanah Air.

Di Singapura, LEGO Certified Store terletak di ION Orchard, Plaza Singapura, dan Ngee Ann City. Ketiganya dekat dari pusat kota. Jadi, pilihlah yang paling dekat dengan lokasi menginap Anda.

Kesembilan, Rainbow Eucalyptus Tree, yaitu barisan pohon pusaka berwarna pelangi yang terletak di Katong Park. Selain menyuguhkan pemandangan pohon warna-warni, tempat wisata ini juga menyediakan area bermain untuk anak.

Akses ke taman tersebut juga cukup mudah. Anda cukup menaiki MRT dan berhenti di Stasiun Katong Park. Taman ini berada di belakang stasiun.

Instalasi Doraemon berjudul “Final Weapon” karya Sebastian Masuda di Doraemon Exhibition. (Dok. Little Day Out)

Kesepuluh, Doraemon Exhibition di Museum Nasional Singapura. Tidak hanya menarik bagi anak, pameran ini juga dapat menjadi tempat orangtua bernostalgia akan masa kecil. Pameran ini dipenuhi dengan figur tokoh kartun ternama asal Jepang, Doraemon.

Pada pameran tersebut, pengunjung bisa melihat proses kreatif pembuatan komik Doraemon. Ada pula toko cendera mata dan kafe bertema Doraemon yang menjual makanan kesukaan tokoh fiksi tersebut, yakni dorayaki.

Untuk datang ke tempat ini, Anda bisa menaiki MRT dan turun di stasiun City Hall. Pameran ini berlangsung sejak November 2022 hingga 5 Februari 2023.

Pameran Avatar: The Experience at Gardens by the Bay. (Dok. Gardens by the Bay).

Kesebelas, Avatar: The Experience at Gardens by the Bay. Sesuai namanya, pameran interaktif ini menyuguhkan pemandangan alam bak di film Avatar. Anda bisa menemukan Banshee, serta hewan dan tumbuhan lain yang terdapat pada film itu.

Pameran tersebut hanya berlangsung hingga 31 Maret 2023. Untuk mencapai tempat pameran, Anda bisa menaiki MRT dan turun di stasiun Bayfront.

3. Belanja dekat taman bermain

Area bermain di City Square Mall. (Dok. Sunny City Kids)

Jika sudah berada di Negeri Singa, sayang kalau tidak membawa belanjaan saat pulang ke Indonesia. Sayangnya, anak belum mengerti asyiknya belanja sehingga kerap merasa bosan. Nah, tempat belanja berikut bisa jadi solusi.

Pertama, City Square Mall dan Westgate. Selain menyuguhkan barisan toko menarik, kedua tempat belanja ini memiliki rooftop playground. Jadi, sembari berbelanja, anak tetap bisa mendapat hiburan dengan permainan yang disuguhkan di tempat tersebut.

Letak City Square Mall yang berada di tengah kota pun membuat tempat ini mudah diakses. Anda bisa menaiki MRT dan turun di stasiun The Bendemeer (DT23). Sementara untuk mengunjungi Westgate, Anda bisa menaiki MRT dan turun di stasiun Jurong East.

Kedua, Chinatown. Selain menjajakan berbagai macam produk autentik, tempat belanja ini juga dekat dengan Food Playground, yaitu tempat bermain edukatif yang menyediakan kelas memasak untuk anak. Chinatown juga dekat dengan museum dokumentasi sudut-sudut kota Singapura yang menarik dan ramah anak, Singapore City Gallery.

Adapun ketiga tempat tersebut bisa ditempuh Anda dan keluarga dengan menaiki MRT dan turun di stasiun The Clarke Quay.

Ketiga, Dempsey Hill. Tempat belanja yang merupakan kawasan budaya ini dapat dikatakan sebagai tempat yang komplet. Selain menyediakan beragam produk lokal, tempat belanja ini juga memiliki kafe, area bermain, dan kolam berenang yang ramah untuk anak.

Untuk mendatangi tempat tersebut, Anda bisa menaiki MRT dan berhenti di stasiun The Redhill (EW18).

4. Kunjungi tempat makan family-friendly

Area outdoor di PS Cafe. (Dok. PS Cafe)

Menjajal makanan di Singapura merupakan hal wajib saat berlibur ke sana. Pasalnya, negara ini memiliki julukan surga kuliner. Beberapa penghargaan kuliner internasional juga sudah dikantongi oleh restoran dan makanan kaki lima di negeri ini. Agar momen menyantap makanan tidak terganggu anak-anak yang rewel karena bosan, Anda bisa datang ke restoran berikut. Sebab, restoran di bawah ini memiliki taman bermain.

Pertama, PS Café. Restoran ini terletak di kawasan belanja Dempsey Hill. Dari segi hidangan, tempat makan ini menyuguhkan beragam makanan yang lezat, mulai dari yang gurih hingga manis.

Di luar kafe, halaman rumput terbentang luas. Ada pula taman-taman yang menghampar. Jadi, sembari menikmati momen menyantap makanan, Anda bisa melepas anak bermain dan berlarian.

Kedua, The Pantry-Dempsey. Masih di area Dempsey Hill, restoran ini memiliki area taman bermain yang luas dan mengasyikkan bagi anak. Selain itu, restoran ini juga memiliki rumah pohon. Dengan fasilitas tersebut, anak-anak akan lebih terhibur saat menyantap makanannya.

Ketiga, Luke Lobster’s. Berada di Orchard Road, tempat makan yang satu ini mudah diakses. Terutama, untuk rombongan keluarga. Makanan yang disajikan pun cukup unik, yakni udang, lobster, dan kepiting sebagai hidangan utama.

Kelima, Eggsluts. Masih di daerah Orchard Road, restoran ini juga mudah untuk dikunjungi. Restoran ini menyajikan segudang makanan lezat dengan bahan utama telur.

Restoran Poke Theory Chinatown. (Dok. Instagram @poketheorysg)

Selain kelima restoran tersebut, ada pula restoran ramah anak lain yang menyediakan makanan halal. Keenam, Poke Theory Chinatown. Restoran yang satu ini berkonsep rice bowl sehingga mudah untuk disantap.

Berada di komplek perbelanjaan Chinatown, restoran tersebut bisa menjadi pilihan untuk disambangi setelah penat berbelanja.

Ketujuh, Streats Asian Café Sentosa. Restoran ini menyediakan sejumlah menu Asia, termasuk menu Indonesia. Jadi, restoran ini merupakan pilihan tepat apabila anak sedang ingin memakan makanan lokal.

Restoran tersebut terletak di kawasan RWS sehingga dekat dengan sejumlah tempat bermain, seperti Universal Studio Singapore dan Sea World.

Kedelapan, Malaysian Food Street Sentosa. Sama seperti Streats Asian Cafe, restoran ini juga terletak di kawasan Resort World Sentosa. Bedanya, Malaysian Food Street Sentosa menyediakan makanan kaki lima khas Malaysia.

Itulah empat tips beserta rekomendasi tempat tujuan yang bisa didatangi saat berlibur ke Singapura bersama si kecil. Perlu diingat, pilihlah rencana perjalanan yang nyaman dan mengasyikkan untuk anak.

Yuk, hidupkan impian berlibur bersama keluarga ke Singapura. #VisitSingapore #SingapoReimagine

Kembali