Liburan Seru Bareng Anak, Ini Rekomendasi Wisata 3 Hari di Singapura ala Keluarga Bimo Kusumo

Family

Liburan-Seru-Bareng-Anak,-Ini-Rekomendasi--Wisata-3-Hari-di-Singapura-ala-Keluarga-Bimo-Kusumo
Bimo Kusumo dan anaknya, Mireya Kusuma, saat berlibur ke Singapura. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).

KOMPAS.com - Singapura memiliki berbagai destinasi wisata ramah anak yang tersebar di seluruh kota, mulai dari pameran seni interaktif, pusat belajar sains, wahana outdoor, hingga destinasi edutainment. Hal ini membuat liburan keluarga menjadi lebih seru dan memorable.

Keseruan tersebut turut dirasakan oleh penyiar radio sekaligus pengisi suara iklan, Bimo Kusumo yang tenar dengan akun Instagram @bimoky, saat berlibur bersama anaknya, Mireya Kusuma di Singapura.

Bimo pun menceritakan pengalamannya. Kala itu, ia dan Mireya mengunjungi berbagai spot wisata ramah anak di Singapura, mulai dari Lego Certified Store, Museum of Ice Cream, hingga Science Centre.

Satu hari saja tak akan cukup untuk menikmati  keseruan berlibur di Negeri Singa. Karenanya, Anda  perlu setidaknya menyediakan waktu 3 hari untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dari ragam destinasi. 

Nah, kamu yang berencana liburan ke Singapura bersama anak, siapkanlah itinerari untuk tiga hari. Sebagai referensi, Kompas.com telah merangkum daftar spot wisata seru yang dikunjungi oleh Bimo dan Mireya.

Hari pertama

Kamu bisa mengajak keluarga berkunjung ke Pulau Sentosa yang berada di selatan Singapura. Pasalnya, pulau ini memiliki banyak atraksi dan wahana yang bisa dikunjungi. Berikut daftarnya.

1. Lego Certified Store

Spot pertama yang bisa kamu kunjungi bersama buah hati di Pulau Sentosa adalah Lego Certified Store. Toko ini merupakan toko mainan Lego terbesar di Asia Tenggara. Saat di depan toko, kamu akan disambut instalasi Lego berupa tulisan “I Love SG” yang dibuat dari 70.950 batu bata Lego.

Selanjutnya, kamu akan melihat etalase setinggi 17 meter yang dibuat dari batu bata Lego raksasa di dalam toko. Terdapat pula dinding mosaik lego terbesar—Quay Colours—yang dirancang oleh Profesional Bersertifikat Lego Singapura, Nicholas Foo. Diorama ini disusun menggunakan 103.680 bata lego.

Bimo dan Mireya saat berkunjung ke Lego di Lego Certified Store. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).

Sebelum berkunjung ke sana, sebaiknya kamu sudah menentukan jenis Lego yang hendak dibeli supaya tidak kebingungan dan kehabisan waktu. Pasalnya, Lego Certified Store menyediakan koleksi lengkap semua jenis lego dari berbagai usia konsumen.

2. Skyline Luge Sentosa

Skyline Luge yang berlokasi di Pulau Sentosa menjadi spot wisata seru bersama keluarga. Sejatinya, skyline dan luge merupakan dua wahana berbeda yang digabung dalam satu paket.

Skyline merupakan kursi duduk panjang sejajar yang terbang menggantung di udara mirip kereta gantung. Sementara itu, luge merupakan sejenis mobil gokar tanpa mesin dan tanpa pedal gas yang dapat digunakan untuk menyusuri bukit dari bagian atas ke bawah.

Bimo dan Mireya saat naik luge. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).

Sebelum menikmati keseruan menaiki luge, ada baiknya wisatawan bersama keluarga menyambangi arena balap di puncak bukit dengan skyline. Di spot ini, pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan laut beserta hamparan pohon di Pulau Sentosa dari ketinggian.

Setelah sampai di bukit, kamu beserta keluarga bisa langsung menikmati keseruan luge. Di sana, kamu akan menaiki wahana mirip gokar sembari melewati tikungan dan berbagai rintangan di jalan.

3. Menyantap makanan halal di Roost

Setelah puas bermain, kamu bisa mengajak keluarga menikmati sajian halal di Pulau Sentosa. Salah satunya restoran yang menyajikannya adalah Roost. Restoran ini terletak di kawasan The Forum B1. Restoran ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Islam Singapura.

Bimo dan Mireya menikmati sajian di Roost. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).

Salah satu menu populer sekaligus andalan di restoran tersebut adalah Hainan Chicken Rice. Selain menu itu, wisatawan juga bisa mengajak keluarga mencoba menu andalan lain di Roost, seperti Nyonya Laksa atau Tom Yum Fried Rice.

4. Wings of Time                                                                                                                           

Pada malam hari, kamu bisa mengajak buah hati ke Central Beach Bazaar Sentosa. Di sini, kamu bisa menikmati pertunjukan Wings of Time yang menawarkan pengalaman wisata berbeda kepada pengunjung. Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan perpaduan air mancur, lampu light-emitting diode (LED), laser, serta kembang api yang memukau. 

Di spot tersebut, wisatawan juga akan diajak mengikuti petualangan Shahbaz yang merupakan seekor burung prasejarah dan teman manusianya, yaitu Rachel dan Felix, berkelana mencari makna tentang persahabatan dan keberanian.

Pertunjukan Wings of Time.   (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).     
                                                                                                                     

Sebagai informasi, Wings of Time merupakan pertunjukan malam permanen pertama di dunia yang diselenggarakan di lautan terbuka.

Selama pertunjukan, wisatawan akan dibuat takjub dengan kecanggihan teknologi proyeksi 3D yang dipadukan dengan keseruan cerita dan suasana wisata malam di Singapura.              

Hari kedua

Setelah puas mengeksplorasi Pulau Sentosa, kamu bisa mengajak anak dan keluarga mengeksplorasi kota di Singapura. Di sana, terdapat berbagai spot menarik yang bisa dikunjungi seperti Museum of Ice Cream, Science Centre, dan Gardens by The Bay.

1. Museum of Ice Cream

Museum of Ice Cream merupakan tempat wisata ramah anak di Singapura sehingga wajib dikunjungi oleh keluarga. Spot wisata ini menawarkan 14 instalasi permainan yang seru dan menarik untuk dinikmati bersama anak. Di sini, kamu pun bisa mencicipi berbagai macam es krim sampai puas.

Sebelum memasuki Museum of Ice Cream, wisatawan diminta menuliskan nama sebagai identitas diri di sebuah kertas kecil berwarna putih pink. Perlu diketahui, identitas yang ditulis bukanlah nama asli, melainkan nama unik meliputi varian rasa es krim kesukaan.

Bimo dan Mireya menikmati es krim sambil bermain di Museum of Ice Cream. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).  
                                                                                                                         

Selanjutnya, nama tersebut akan ditempelkan di dada sebagai identitas kamu selama di Museum of Ice Cream.

Museum of Ice Cream memiliki beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi, seperti Scream's Dinner yang menyediakan es krim berwarna pink yang manis dan segar, Ruangan Es Potong, menyediakan berbagai macam es krim es potong unik, inflatable yang berbentuk kastil dari balon raksasa, serta Playspace, yakni wahana bermain anak yang instagenic.

2. Science Centre Singapore

Setelah puas menikmati es krim, kamu bisa mengajak anak belajar sains dengan cara menyenangkan di Science Centre Singapore. Tempat yang berlokasi di kawasan Science Centre Road ini menyediakan lebih dari 1.000 atraksi bermuatan edukasi yang memancing minat anak terhadap sains.

Selama berada di Science Centre Singapore, anak bisa belajar berbagai bidang secara menarik, mulai dari sains, teknologi, hingga matematika.

Bimo dan Mireya mencoba wisata edukasi di Science Centre Singapore. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).  
                                                                                                                         

Kamu bisa mengajak anak berkunjung ke pameran Earth: Our Untamed Planet untuk menggali sains lebih dalam yang mengelilingi planet dan ekosistem.

Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi Snow City yang merupakan wahana salju permanen dalam ruangan pertama di Singapura. Di lingkungan yang bersuhu di bawah titik beku ini, kamu bisa meluncur menuruni lereng salju dengan snow tube sembari melihat patung-patung hewan yang sudah punah.

3. Gardens by The Bay

Gardens by The Bay menjadi salah satu destinasi wisata ikonik yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan dan keluarga selama berada di Singapura.

Kawasan ini menjadi tempat untuk mengenalkan anak pada pesona pepohonan yang indah. Area seluas 101 hektare tersebut didominasi oleh biodom yang berdiri dengan anggun sekaligus menjadi keajaiban arsitektur, desain, dan teknologi.

Bimo dan Mireya di Gardens by The Bay.   (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).  
                                                                                                                        

Selama berada di sana, wisatawan akan melihat Supertrees atau taman vertikal setinggi 25 hingga 50 meter yang menampung air hujan, menghasilkan tenaga matahari, dan beroperasi sebagai saluran ventilasi untuk konservatori taman tersebut.

Tak lupa, Gardens by the Bay juga memiliki area Children's Garden yang mengombinasikan tiga area bermain untuk anak-anak, yakni The Water Play, Toddler Play, dan The Treehouse. Di sini, anak-anak dapat bermain air di kolam yang luas.

Hari ketiga

Pada hari terakhir, kamu dan keluarga bisa mengunjungi tempat wisata yang lebih seru lagi sebelum pulang ke Indonesia. Simak ulasan berikut.

1. Singapore Zoo

Sebagai salah satu negara tujuan wisata internasional, Singapura memiliki salah satu kebun binatang hutan hujan tropis terbaik di dunia, yakni Singapore Zoo.

Wisatawan bisa mengajak keluarga ke sini untuk melihat 2.800 satwa dari 300 spesies. Beberapa di antaranya buaya, tapir Malaya, dan harimau putih.   

Bimo dan Mireya memberi makan jerapah di Singapore Zoo. (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).   
                                                                                                                        

Selama Singapore Zoo, kamu bisa mengikuti tur Wondrous Wildlife. Tur ini akan mengajak wisatawan berinteraksi dengan berbagai satwa, seperti lemur, kukang, kanguru, gajah, orangutan, jerapah, serta zebra.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Brickosaurs World yang merupakan wahana dinosaurus pertama di Asia. Wahana ini memiliki lebih dari 60 struktur dinosaurus yang dibangun menggunakan lebih dari 1,5 juta batu bata mainan. Kamu juga bisa mempelajari sejarah dinosaurus dan mempelajari cara melindungi hewan dari kepunahan.

2. Singapore Flyer

Cara terbaik menikmati hari terakhir berlibur bersama keluarga di Singapura adalah memandangi keindahan kotanya. Salah satunya, dengan menaiki di Singapore Flyer yang terletak di pusat Marina Bay. Wahana bianglala raksasa ini akan membawa wisatawan ke ketinggian 15 meter di atas tanah atau setara tinggi 42 lantai.

Bimo dan Mireya menikmati suasana malam kota di Singapura dari puncak ketinggianSingapore Flyer.   (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).   
                                                        

Nikmatilah perjalanan selama 30 menit dengan pemandangan siang dan malam yang menakjubkan. Dari atas, wisatawan dapat memanjakan mata dengan panorama historis dan ikonis, seperti dari Marina Bay, Raffles Place, Merlion Park, serta Empress Place.

Jika beruntung, kamu bisa melihat berbagai landmark sejauh 45 kilometer (km), seperti Changi Airport, Sentosa Island, serta sebagian wilayah Malaysia dan Indonesia.

3. Jewel Changi Airport

Kawasan Jewel di Changi Airport menjadi spot yang harus kamu kunjungi sebelum pulang ke Indonesia. Kawasan ini menawarkan berbagai pengalaman jalan-jalan ataupun gaya hidup yang lengkap dengan memadukan suasana belanja dan alam yang luar biasa.

Bimo dan Mireya menikmati keindahan HSBC Water Vortex.   (DOK. Yogarta Awawa Prabaning Arka/Kompas.com).   
                                                        

Salah satu spot utama di Jewel Changi adalah HSBC Water Vortex yang merupakan air terjun indoor tertinggi di dunia dengan ketinggian 40 meter. Air terjun menakjubkan ini mengalirkan air dari langit-langit kaca sampai ke ruang bawah tanah, dengan semprotan spektakuler yang memantulkan sinar matahari dan menciptakan efek pelangi.

Aliran air terjun tersebut dibuat dari air hujan yang telah difiltrasi. Selanjutnya, aliran air akan dikumpulkan di lantai dasar dan digunakan kembali untuk menyirami taman di sekitarnya.

Pada siang hari, wisatawan dapat melihat pantulan sinar matahari dan pelangi di HSBC Water Vortex. Sementara pada malam hari, wisatawan dapat melihat keindahan pantulan lampu LED yang mengarah ke air terjun.

Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun tersebut dari berbagai lokasi, seperti sudut tinggi di Taman Kanopi Level 5 dan lantai-lantai di atasnya, pintu masuk Jewel Changi Level 2, serta dari Forest Valley di lantai dasar.

Selain itu, jangan lupa untuk berkunjung ke Hedge Maze. Spot ini merupakan labirin dengan berbagai tikungan dan belokan. Di jantung labirin hijau ini, terdapat sebuah menara yang dapat wisatawan panjat untuk menikmati pemandangan yang lebih menakjubkan.

Itulah panduan singkat itinerari berlibur ke Singapura bersama keluarga selama tiga hari.  Selain tempat wisata tersebut, Singapura memiliki banyak spot wisata lain yang tak cukup dikunjungi sekali saja.

Untuk melihat keseruan perjalanan liburan Bimo dan Mireya di Singapura, kamu bisa klik tautan ini.

Jadi, tunggu apa lagi, hidupkan kembali impianmu ke Singapura. Rencanakan liburanmu sekarang!#SingapoReimagine #VisitSingapore.

 

Kembali