Wisata di Surga Tersembunyi Singapura, Kunjungi Kampong Gelam, Little India, dan Tiong Bahru

Neighbourhood

Wisata-di-Surga-Tersembunyi-Singapura,-Kunjungi-Kampong-Gelam,-Little-India,-dan-Tiong-Bahru
Suasana di Kampong gelam, Singapura. Dok. Shutterstock/Daphnusia Images

Singapura merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara. Ini lantaran negara tersebut memiliki kawasan yang terdiri dari sejumlah destinasi menarik.

Saat berada di Pulau Sentosa misalnya, wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi ataupun mengunjungi destinasi seru, seperti SEA Aquarium, Merlion Park, AdventureCove Waterpark, Universal Studio, dan Pantai Palawan.

Selain Pulau Sentosa, ada beberapa kawasan lain yang layak untuk disinggahi di Singapura. Sebut saja, Kampong Gelam, Little India, dan Tiong Bahru.

Semua kawasan tersebut memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik. Bahkan, ketiganya menawarkan pengalaman berbeda dari berbagai destinasi mulai dari wisata spiritual, sejarah, kuliner, hingga belanja.

Tak salah kalau wisatawan yang pernah ke sana kerap menyebutnya sebagai surga tersembunyi yang ada di Negeri Singa.

Lalu, keseruan apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing kawasan tersebut? Berikut ulasannya.

Kampong Gelam

Dari sekitar 5,6 juta penduduk Singapura, 15,6 persen di antaranya merupakan penganut agama Islam.

Adapun salah satu kawasan dengan penduduk muslim terbesar di Singapura tinggal di wilayah Kampong Gelam.

Tak heran jika kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi favorit turis muslim dari seluruh penjuru dunia. Selain wisata religi, kawasan ini menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Berikut hal seru yang dapat dilakukan.

1. Berkunjung ke Masjid Sultan

Masjid Sultan terletak di Jalan Muscat. Nama jalan diambil karena lokasinya merupakan permukiman dari para pendatang yang berasal dari Muscat, Oman.

Masjid Sultan di Kampong Gelam. Dok. roots.gov.sg

Tempat ibadah tersebut merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Singapura dan dibangun oleh  Sultan Hussain Shah pada 1824. Pembuatan masjid ini pun merupakan hasil perjanjian yang ia buat dengan pihak British East India Company.

Bangunannya cukup unik. Atap atau kubah bangunan tersebut dibuat dari emas. Selain itu, bagian dasar kubah masjid terbuat dari botol kaca yang didonasikan oleh umat Muslim di Singapura.

2. Belanja produk kecantikan di The Min List

Bagi wisatawan muslim yang ingin berbelanja produk kecantikan berbahan organik dan berlabel halal, berkunjung ke gerai The Min List adalah hal wajib yang mesti dilakukan.

Toko tersebut hadir sejak 2016 secara online dan resmi membuka toko offline di kawasan Kampong Gelam pada 2019.

Gerai The Min List. Dok. happycow.net

Alasan didirikannya The Min List adalah karena saat itu, wisatawan muslim kerap kesulitan untuk menemukan produk kecantikan bersertifikat halal.

Saat ini, The Min List memiliki lebih dari 30 brand kosmetik internasional dan lebih dari 10 brand lokal.

3. Kuliner di Konditori Artisan Bakes

Bagi yang tertarik untuk mencicipi bermacam kue dengan rasa dan hiasan menarik, Anda wajib datang ke Konditori Artisan Bakes. Restoran ini terkenal akan croissant-nya

Saat memasuki gerai makanan tersebut, Anda akan langsung dibuat tak sabar dengan sejumlah aroma makanan yang semerbak.

Suasana di Konditori Artisan Bakes. Dok. Instagram konditorisg

Untuk diketahui, meski mayoritas roti dan kue yang ada di toko tersebut didominasi oleh gaya Eropa, tapi semua makanan yang disajikan halal untuk dimakan.

Adapun beberapa menu makanan yang dapat dicoba adalah Butter Croissant, Red Velvet Croissant, dan Basil Pesto Sourdough.

Little India

Little India berada di Serangoon Road dan berbatasan dengan Selegie Road dan Lavender Street.

Daerah tersebut awalnya adalah daerah permukiman orang Eropa yang tertarik untuk menyaksikan olahraga pacuan kuda.

Seiring waktu, kawasan tersebut pun berkembang dan menjadi pusat perdagangan bagi para imigran India yang kala itu melakukan perdagangan ternak.

Kemudian, kawasan tersebut akhirnya menjadi tempat berkumpulnya komunitas India di Singapura dan disebut Little India. Suasana di tempat ini juga begitu semarak dan penuh warna.

Seperti tempat lainnya, terdapat sejumlah kegiatan dan destinasi seru yang bisa dinikmati wisatawan di sini.

1. Datang ke Kuil Sri Veeramakaliamman

Kuil Sri Veeramakaliamman dibuat sebagai bentuk dedikasi umat Hindu di Singapura untuk dewi penghancur kejahatan, Sri Veeramakaliamman atau Kali.

Keberadaan kuil tersebut juga menjawab kebutuhan penting para imigran akan tempat ibadah ataupun berdoa bagi umat Hindu. Utamanya, untuk meminta kepada Sri Veeramakaliamman agar diberikan keamanan di tanah perantauan.

Salah satu patung yang ada pada Kuil Sri Veeramakaliamman. Dok. Shutterstock/diyben

Sebagai informasi, kuil tersebut memiliki sejumlah patung dengan warna dan desain yang cukup kompleks. Inilah yang membuat kuil tersebut menjadi salah satu daya tarik paling spektakuler di Singapura.

Adapun pada 2014, Kuil Sri Veeramakaliamman sempat mengalami pemugaran untuk yang kesekian kali. Dari hasil pemugaran tersebut, bangunan kuil kini terdiri dari enam lantai dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum, seperti aula pertemuan, aula pernikahan, dan ruang kantor.

2. Menikmati mural

Bagi pencinta seni, terutama seni jalanan seperti mural, Anda bisa menikmati keindahan mural terpanjang dan terbesar di Singapura dengan berkunjung ke Broadway Hotel yang diresmikan pada awal 2021.

Untuk diketahui, mural tersebut hadir dengan tema “Dancing in Unison” dan menghiasi seluruh dinding bagian hotel.

Mural Dancing in Unison di Broadway Hotel. Dok. outlookindia.com

Adapun karya seni itu merupakan hasil kolaborasi antara seniman Gond Padmashri Bhajju Shyam dari India dan seniman urban kontemporer Sam Lo dari Singapura.

Mayorias gambar tersebut terdiri dari sejumlah burung dan rusa yang dibuat dengan komposisi warna cukup cerah.

Menurut sang seniman, mural tersebut hadir sebagai bentuk eksplorasi dari nilai alam dan hubungan dengan manusia.

3. Bersantap di The Elephant Room

Jika Anda suka atau tertarik untuk mencicipi makanan khas India, mengunjungi The Elephant Room bisa jadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, tempat tersebut sangat kental akan budaya India, baik dari desain tempatnya yang berkilau maupun makanan dan minumannya yang kaya akan rempah.

Suasana di The Elephant Room. Dok. thehoneycombers.com

Perlu diketahui, dinding di restoran tersebut memiliki warna merah terang. Selain itu, terdapat sejumlah hiasan khas India yang disematkan di sekitar restoran, di antaranya sarung tradisional dan tatakan gelas bersulam lungi.

Tak hanya itu, Anda pun juga akan disuguhkan oleh lantunan musik khas India saat bersantap di tempat tersebut.

Beberapa menu andalan di The Elephant Room adalah sup kambing, biryani, dan udang kari asam.

Tiong Bahru

Tiong Bahru adalah salah satu daerah perumahan tertua di Singapura. Nama Tiong diambil dari Bahasa Hokkian yang artinya pemakaman. Sementara, bahru berasal dari bahasa Melayu yang berarti baru.

Dalam beberapa tahun ke belakang, Tiong Bahru telah mengalami beberapa kali modernisasi. Hal ini yang membuat gaya hidup di kawasan tersebut menjadi lebih kekinian.

Bahkan, distrik tersebut sering menjadi tempat berkumpul seniman, pekerja kreatif, dan pencinta budaya di Singapura. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di tempat tersebut?

1. Belanja di Nana Bird

Nana Bird adalah toko yang bergerak di bidang fesyen dan menyediakan berbagai pakaian dan aksesori. Gerai ini menjual berbagai macam barang unik dari produk lokal dan internasional.

Toko Nana Bird yang menjual sejumlah produk fesyen unik. Dok. cntraveler.com

Berkat keunikannya, Nana Bird kerap jadi pilihan utama bagi mereka yang ingin tampil beda. Utamanya, mereka yang berasal dari skena independen.

Itulah yang menjadikan Nana Bird sebagai salah satu hidden gem di Singapura.

2. Santai di Tiong Bahru Bakery

Tiong Bahru Bakery adalah salah satu kedai kopi paling terkenal di Singapura. Oleh karena itu, tempat ini seringkali penuh.

Suasana di Tiong Bahru Bakery. Dok. Instagram tiongbahrubakery

Di tempat tersebut, Anda bisa berburu makanan, seperti kue panggang (pastrycroissant dengan beragam rasa dan aneka burger.

Adapun salah satu menu populer di Tiong Bahru Bakery adalah Kouign Amann atau pastry berbentuk bulat seperti cinnamon roll.

3. Wisata sejarah ke situs Tiong Bahru Air Raid Shelter

Tiong Bahru Air Raid Shelter adalah situs sejarah berupa penampungan untuk masyarakat sipil di masa perang dunia kedua. Tempat ini dibangun pada 1939.

penampungan tersebut memiliki luas sekitar 1.500 meter persegi  dan diperkirakan dapat menampung 1.600 orang.

PemandanganTiong Bahru Air Raid Shelter yang merupakan bekas penampungan perang dunia kedua. Dok. roots.gov.sg

Meski banyak bangunan yang mengalami modernisasi pada kawasan Tiong Bahru, tapi Pemerintah Singapura hanya melakukan sedikit perbaikan pada Tiong Bahru Air Raid Shelter.

Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan keaslian arsitektur bangunan sekaligus nilai sejarah yang dimilikinya.

Itu tadi berbagai keseruan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke kawasan Kampong Gelam, Little India, dan Tiong Bahru yang disebut sebagai surga tersembunyi di Singapura.

Ayo segera hidupkan Kembali rencana liburanmu ke Singapura dan rasakan berbagai pengalaman baruyang ditawarkan. #SingapoReimagine #VisitSingapore

 

 

 

 

 

 

Kembali